Masjid Al Amin

Kajian Ahlussunnah As Salafiyyah Masjid Al Amin Semampir Tengah IIIA Surabaya

Nasehat Bagi Yang Sholatnya Belum Menghadap Sutrah

Posted by masjidalamin on January 25, 2008

Saudaraku ikhwan wa akhwati fillah rahimakumullah, sholat dengan menghadap sutrah adalah wajib berdasarkan dalil² dibawah ini :

“Jika shalat salah seorang diantara kalian, hendaklah shalat menghadap sutrah dan hendaklah mendekat padanya dan jangan biarkan seorangpun lewat antara dia dengan sutrah. Jika ada seseorang lewat (didepannya) maka perangilah karena dia adalah syaitan.”
(HR. Ibnu Abi yaibah dalam Al-Mushannaf 1/279, Abu Dawud dalam As-Sunan 297, Ibnu Majah dalam As-Sunan no. 954, Ibnu Hibban dalam As-Shahih 4/48, 49-Al-Ihsan, dan Al-Baihaqi dalam As-Sunanul Kubra 2/267, sanadnya hasan)

Di dalam riwayat lain (yang artinya): “(Karena) sesungguhnya setan lewat antara dia dengan sutrah.”

Mengomentari hadits Abu Said di atas As-Syaukani berkata: “Padanya (menunjukkan) bahwa memasang sutrah itu adalah wajib.” (Nailul Authar 3/2). Beliau juga berkata: “Dan kebanyakan hadits- hadits (dalam masalah ini) mengandung perintah dengannya dan dhahir perintah (menunjukkan) wajib. Jika dijumpai sesuatu yang memalingkan perintah-perintah ini dari wajib ke mandub maka itulah hukumnya.

Maka apabila kita shalat dalam keadaan sendirian atau menjadi seorang imam dalam sholat hendaknya menghadap tembok atau benda yang bisa dijadikan sutrah, bila tidak ada maka menghadaplah ke punggung orang yang ada didepan anda, jika tidak ada juga berusahalah untuk mencari apa yang bisa menjadi sutrah anda. Karena apabila tidak ada yang bisa dijadikan sutrah anda, ketahuilah bahwa ada 3 hal yang dapat menjadi pemutus shalat

Rasulullah SAW bersabda: “Shalat seorang laki-laki,apabila tidak ada semacam ujung pelana dihadapannya,maka akan diputus oleh :wanita -yang haid (atau balighah), keledai dan anjing hitam “.

Abu Dzar berkata bahwasanya ia berkata,“Wahai Rasulullah,apa bedanya antara anjing hitam dengan anjing merah ?” beliau bersabda, “Anjing hitam adalah setan “. (H.R Muslim,Abu Daud dan Ibnu Khuzaimah (1/95/2)

Selain itu juga menjaga saudara kita untuk tidak melangkah di depan kita pada saat kita shalat karena ancamannya sangat besar dan sangat keras larangannya.

“Jika shalat salah seorang diantara kalian, hendaklah shalat menghadap sutrah dan hendaklah mendekat padanya dan jangan biarkan seorangpun lewat antara dia dengan sutrah. Jika ada seseorang lewat (didepannya) maka perangilah karena dia adalah syaitan.”

“Sekiranya orang yang berlalu di hadapan orang yang shalat itu mengetahui apa yang akan menimpanya,niscaya untuk berhenti selama 40 tahun, adalah lebih baik baginya daripada untuk berlalu dihadapannya “.(H.R Al – Bukhari dan Muslim,riwayat lainnya adalah riwayat Ibnu Khuzaimah(1/94/1))

Dan apabila sudah selesai shalat maka janganlah melangkah di depan orang yang sedang sholat, bagi yang melanggar hendaknya dinasehati bahwa hal itu adalah dilarang.

Selain itu dengan menghadap sutrah maka Insya ALLAH kita mendapatkan pahala dengan menerapkan sunnah² Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam, dan apabila kita terapkan setiap hari dan melakukannya ikhlash karena ALLAH maka Insya ALLAH makin banyak pahalanya. Ya saudaraku marilah kita menerapkan sunnah² Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam baik dalam kehidupan dan amal perbuatan sehari² (Seperti sholat, makan, minum, tidur, masuk dan keluar kamar mandi dll), dan bayangkanlah berapa banyak pahala yang kita terima apabila kita ikhlash melakukannya karena ALLAH.

Semoga kita bisa saling nasehat menasehati dan beramar ma’ruf nahi munkar.

Allohu’alam bishowab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: