Masjid Al Amin

Kajian Ahlussunnah As Salafiyyah Masjid Al Amin Semampir Tengah IIIA Surabaya

NGALAP BERKAH – Bag 3 (Ngalap Berkah yang Dilarang)

Posted by masjidalamin on December 18, 2007

MENCARI BERKAH YANG DILARANG OLEH SYARI`AT.

Dalam hal ini ada dua sebab yakni karena sesuatu yang dicari berkahnya ternyata tidak memiliki berkah/tidak ada nashnya atau karena cara yang dilakukannya menyimpang. Seperti misalnya :

1 – Mencari berkah melalui pribadi-pribadi tertentu. Misalnya melalui orang-orang shalih yang telah mati atau melalui orang shalih yang masih hidup tetapi dengan cara-cara menyimpang hingga sampai pada bentuk permintaan kepada selain Allah. Hukumnya adalah syirik.

2 – Mencari berkah melalui benda-benda atau tempat-tempat tertentu. Pada zaman jahiliyah dahulu orang-orang kafir mencari berkah melalui berhala Lata, Uzza, Manat dan lain-lainnya. Allah berfirman berkaitan dengan mereka: “Maka apakah patut kamu (hai orang-orang musyrik) menganggap Al-Lata dan Al-Uzza, dan Manat yang ketiga, yang paling terkemudian (sebagai anak perempuan Allah). Apakah (patut) untuk kamu (anak) laki-laki dan untuk Allah (anak) perempuan; Yang demikian itu tentulah suatu pembagian yang tidak adil.” (An-Najm : 19-22). Maksudnya, mereka menyembah berhala-berhala itu dengan asumsi bahwa berhala tersebut merupakan anak perempuan Allah, padahal mereka menyukai laki-laki untuk anak mereka sendiri. Permintaan berkah melalui berhala-berhala ini, menyebabkan mereka dikatakan telah beribadah kepada selain Allah. Mereka juga terbiasa ngalap berkah melalui pohon atau benda-benda yang dikeramatkan, seperti yang dikisahkan oleh Abu Waqid al-Laitsi menjelang perang Hunain. Di zaman sekarang ada bentuk-bentuk ngalap berkah yang dilakukan oleh sementara kalangan yang mengaku Islam, persis seperti yang dilakukan oleh orang-orang kafir zaman jahiliyah. Ada ngalap berkah melalui kuburan orang shalih, batu, kayu, sabuk dan amalan-amalan bid`ah. Semua itu adalah perbuatan syirik, atau minimal bid`ah.

3 – Mencari berkah melalui waktu-waktu tertentu yang tidak ada dalilnya. Misalnya mempergunakan waktu-waktu tertentu seperti, bulan Sya`ban untuk nyadran atau khusus untuk ziarah kubur karena dianggap banyak berkahnya. Ini merupakan perbuatan bid`ah. Atau bulan tertentu dianggap sebagai bulan keberuntungan untuk menikah, sementara bulan lainnya dianggap bulan sial. Keyakinan ini adalah keyakinan syirik. Atau merayakan perayaan-perayaan pada hari-hari tertentu diluar yang disyari`atkan ajaran Islam, seperti mengadakan perayaan maulid Nabi, isra’ mi`raj, Nuzulul Qur`an dan sebangsanya. Dengan anggapan kegiatan-kegiatan tersebut berpahala, karena menjunjung tinggi syi`ar Islam. Itu adalah kegiatan-kegiatan yang tak pernah dituntunkan oelh Nabi, diamalkan para Sahabatnya dan diikuti oleh para ulama salaf terdahulu.

KESIMPULAN

Demikianlah, pada prinsipnya, berkah itu hanya kepunyaan Allah. Dia-lah yang memberikannya. Sedangkan pribadi-pribadi, benda-benda, tempat-tempat serta waktu-waktu yang dinyatakan banyak mengandung berkah oleh syari`at, tidak lain hanyalah sebab semata bagi diperolehnya berkah. Bukan pemilik dan pemberi berkah. Cara mencari berkah melalui hal-hal yang diakui menurut syari`at, juga harus mengikuti petunjuk syari`at, agar tidak terjerumus dalam perbuatan bid`ah atau syirik. Siapa yang mencari/meminta berkah kepada selain Allah, ia terjerumus ke dalam syirik akbar. Dan siapa yang mencari berkah melalui hal-hal yang dibenarkan menurut syari`at, tetapi dengan cara yang berlawanan dengan syari`at, ia terjerumus dalam bid`ah. Na`udzu billah min Dzalik.

(Sumber : Ust. Ahmas Faiz Asifuddin, Majalah As Sunnah Edisi 06/VI/1423H-2002M)

Allohu’alam bi showab -red

Sumber : http://ummusalma.wordpress.com/2007/08/20/ngalap-berkah/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: